Filsafat

Pengertian Filsafat Ilmu

Filsafat adalah ilmu yang mempunyai cakupan yang cukup luas. Maka dari itu, mari kita tarik ke dasar, mencari pengertian melalui segi etimologi atau asal usul kata filsafat tersebut.

Merujuk dari buku Filsafat Ilmu karangan Dr. Suryo Ediyono, M.Hum, Filsafat berasal dari istilah yunani philoshopia, yaituphilein berarti bijaksana, sedangkan philos berarti teman. Selanjutnya istilah philos berarti teman, shopia berarti kebijaksanaan. Dari ssegi etimologi, filsafat mempunyai dua arti. Pertama yaitu bila mengacu pada philein dan sophos maka filsafat berarti mencintai hal-hal yang bersifat bijaksana. Kedua yaitu apabila mengacu pada philos dan shopia maka filsafat berarti teman kebijaksanaan. Menurut sejarah Phitagoras adalah orang yang pertama kali menggunakan istilah filsafat.

Pengertian Filsafat lainnya juga dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Yaitu;

Filsafat sebagai suatu sikap. Filsafat adalah suatu sikap terhadap alam kehidupan dan alam semesta. Ada beberapa pertanyaan atau keresahan tentang alam kehidupan dan alam semesta yang membutuhkan jawaban secara kefilsafatan. Dimana jawaban itu membutuhkan tinjauan yang dilakukan secara luas, tenang, dan mendalam. Filsafat bersifat menyelidiki secar kritis, terbuka, toleran, dan selalu melihat dari berbagai sudut pandang.

Filsafat sebagai suatu metode. Artinya sebagai cara berpikir refleksi dimana penyelidikan menggunakan alasan serta berpikir hati-hati. Filsafat berusaha memikirkan seluruh pengalaman manusia secara mendalam dan jelas, berbeda dengan metode pemikiran pada ilmu-ilmu khusus.

Filsafat sebagai kelompok persoalan. Yaitu dimana pertanyaan-pertanyaan dimasa lampau sudah berhasil dipecahkan, dan akan banyak lagi pertanyaan yang harus dipecahkan, bahkan yang sulit sekalipun.

Filsafat sebagai kelompok teori atau sistem pemikiran. Banyak sekali muncul teori-teori atau sistem pemikiran dari filsuf-filsuf besar seperti Socrates, Plato, Aristoteles, Thomas Aquinas, dll yang digunakan untuk menjawab pertanyaan yang dahulu muncul.

Filsafat sebagai analisa logis dan penjelasan makna istilah. Kebanyakan filsuf menggunakan analisis yang berdasar pada arti bahasa atau makna istilah.

Kemudian, Filsafat juga merupakan usaha untuk memperoleh pandangan yang menyeluruh. Filsafat mencoba menggabungkan berbagai ilmu dan pengalaman hidup manusia menjadi pandangan manusia yang konsisten. Para filsuf menggunakan pandangan secara menyeluruh terhadap kehidupan sebagai suatu totalitas.

Sumber; Filsafat Ilmu (Dr. Edi Suryono, M.Hum)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s