Pendidikan

Tujuan Pendidikan Nasional

Tujuan nasional Indonesia yang ada pada pembukaan undang-undang dasar 1945 adalah mencakup tiga hal, yaitu :
  1. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
  2. Memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
  3. Ikut melaksanakan ketertiban dunia
Dalam poin kedua, terdapat tujuan pendidikan nasional indonesia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.  Berikut adalah tujuan Pendidikan Nasional yang telah dirumuskan dalam UUD 1945 (versi amandemen)
  1. Pasal 31, ayat 3 menyebutkan, “Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta ahlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang.”
  2. Pasal 31, ayat 5 menyebutkan, “Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menunjang tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia.

Pada pasal 31 ayat 3 disebutkan bahwasanya pemerintah mengusahakan dan menyelenggatakan satu sistem pendidikan nasional yang mana lebih menekankan pada peningkatan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia agar menciptakan kehidupan berbangsa yang cerdas, yang mana telah diatur pula oleh undang-undang. Yang artinya kemampuan kognitif dan psikomotorik peserta didik harus didasarkan pada kemampuan afektif yang baik sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan nasional.

Pada pasal 31 ayat 4 disebutkan bahwasanya pemerintah memajukan IPTEK juga dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan agama dan persatuan bangsa, yang artinya apapun bentuk kemajuan IPTEK yang didukung dan dilakukan oleh pemerintah tidak lari dari nilai-nilai agama (agama apapun yang ada di Indonesia) dan tetap menjunjung persatuan bangsa Indonesia yang dibangun dalam perbedaan dan tak lupa pula menunjang kesejahteraan umat manusia.

Kemudian Tujuan Pendidikan Nasional pada UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yaitu pada pasal 3 menyebutkan

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”

Yang artinya Pendidikan Nasional Indonesia memprioritaskan pembentukan watak dan karakter dan menanamkan nilai-nilai agama dalam mencapai tujuan pendidikan nasional.

Dalam upaya meningkatkan kualitas suatu bangsa, tidak ada cara lain kecuali melalui peningkatan mutu pendidikan. Berangkat dari pemikiran itu, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui lembaga UNESCO (United Nations, Educational, Scientific and Cultural Organization) mencanangkan empat pilar pendidikan baik untuk masa sekarang maupun masa depan, yakni: (1) learning to Know, (2) learning to do (3) learning to be, dan (4) learning to live together. Dimana keempat pilar pendidikan tersebut menggabungkan tujuan-tujuan IQ, EQ dan SQ.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s